Kayu Walnut

Apa itu Kayu Walnut? Cari Tahu Selengkapnya Disini!

Dalam dunia furnitur, kayu walnut merupakan jenis kayu impian para tukang. Furnitur kayu solid yang dibuat dari kayu walnut memberikan kesan yang sangat indah dan tidak pernah gagal.

Banyak spesies kayu yang tersebar di dataran bumi ini, masing-masing spesies memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri, kayu walnut merupakan spesies kayu yang banyak memiliki kelebihan.

Baca Juga: Jenis Kayu Kelas III Berdasarkan Tingkat Awet & Kuat

Kekuatan, warna dan serat yang dimiliki kayu ini membuat para tukang kayu memilihnya sebagai material andalan untuk kebutuhan furnitur.

Ingin tahu lebih banyak tentang kayu walnut? Mari kita lihat bagaimana kayu ini membuat banyak orang mengaguminya.

Asal-Usul Kayu Walnut

asal usul kayu walnut

Seringkali banyak orang tidak mengetahui darimana jenis kayu ini berasal, terkadang ada sebagian orang yang menganggap kayu walnut berasal dari indonesia, akan tetapi itu tidak dibenarkan.

Kayu walnut memiliki banyak varian yang berbeda seperti Circassian Walnut, Persian Walnut, dan English Walnut. Semua variasi tersebut termasuk dalam famili Juglans Nigra.

Meskipun dapat ditemukan di wilayah Asia dan salah satunya negara kita Indonesia, kayu walnut sebenarnya berasal dari dataran Amerika Utara. Jenis kayu ini sangat populer disana karena banyak memiliki manfaat bagi warga sekitar.

Jadi, anda tidak perlu salah faham lagi dengan darimana kayu walnut berasal setelah mengetahui kebenarannya disini.

Karakteristik & Kualitas Kayu Walnut

Kayu walnut memiliki karakter yang unik dan berbeda dengan jenis kayu lain, berikut ini beberapa karakter yang dimiliki kayu walnut beserta kualitasnya:

  1. Memiliki warna yang unik
  2. Kuat dan stabil
  3. Memiliki bobot yang tidak terlalu berat
  4. Struktur yang padat
  5. Mudah untuk dibentuk dan diukir
  6. Termasuk dalam jenis kayu keras
  7. Permukaan yang halus
  8. Tahan terhadap pembusukan
  9. Memiliki daya tahan yang baik
  10. Memiliki kualitas lentur yang baik

Itulah kesepuluh poin dari karakteristik kayu walnut yang dapat anda simpulkan bagaimana kayu ini populer di masyarakat luas hingga tukang kayu.

Warna Kayu Walnut

Warna kayu walnut

Warna dari kayu walnut memiliki beberapa variasi berbeda, perbedaan itu tergantung dari bagian pohon mana kayu itu berasal.

Setiap pohon memiliki bagian terdalam hingga terluar, gubal atau bagian terluar pohon walnut memiliki warna kuning pucat hingga abu-abu.

Pada bagian terdalamnya atau biasa disebut heartwood dari kayu walnut memiliki warna campuran dari coklat tua, coklat muda, dan beberapa warna keunguan, abu-abu, merah dan serat gelap.

Baca Juga: 5 Bagian Pohon Kelapa disertai Pemanfaatannya

Cukup sulit untuk mengindetifikasi warna dari kayu walnut, tidak seperti kayu lain yang memiliki warna kontras dan jelas. Ini menjadi hal yang unik dimiliki kayu tersebut.

Keunggulan Kayu Walnut

Keunggulan kayu walnut

Segi Tampilan

Keunggulan yang utama menurut banyak orang adalah tampilan dari kayu walnut. Kayu ini memiliki tampilan yang berbeda dengan jenis kayu lain.

Warna kayu walnut yang beragam dan eksotis membuatnya mendapat perhatian dari banyak orang.

Motif dan serat yang dimilikinya sangatlah cantik, berpola lurus dengan warna serat terlihat lebih gelap berbentuk garis-garis menjadikan kayu ini unik.

Selain itu, kayu walnut memiliki permukaan yang halus dan apabila di finishing akan membuatnya lebih mengkilap.

Dengan kelebihannya tersebut membuat kayu walnut banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku furnitur.

Segi kontruksi

Dari segi kontruksi, kayu walnut memang menjadi andalan dari aspek tampilannya. Warna dan serat yang indah membuatnya selalu menjadi bagian dari kontruksi seperti rumah.

Namun kontruksi yang dimaksud disini, bukan sebagai kontruksi utama bangunan, melainkan bahan baku untuk pembuatan dinding, interior rumah, hingga eksterior bangunan.

Anda dapat menggunakan kayu walnut untuk material utama bangunan, akan tetapi itu tidak direkomendasikan. Karena struktur bangunan membutuhkan kayu yang lebih kuat dan tidak melihat dari tampilannya melainkan kualitas dan harga.

Dengan menggunakan kayu walnut, rumah akan menjadi lebih terlihat mewah, elegan, dan alami.

Segi Kualitas

Kayu walnut dikenal memiliki kualitas yang sangat baik dari daya tahan hingga struktur kayunya.

Memiliki sifat kayu keras namun dengan bobot yang tidak terlalu berat, apalagi jika sudah melalui tahap pengeringan, kayu walnut dapat mencapai bobot sekitar 610 kg/m3.

Dengan bobotnya yang ringan tidak membuatnya mudah rusak ataupun keropos, melainkan itu menjadi poin yang baik untuk dijadikan produk yang bernilai dipasaran.

Hal tersebut membuat kayu walnut dapat dengan mudah di olah dibentuk dan di ukir sedemikian rupa.

Status Kelangkaan

Menurut informasi yang didapat, dahulu pohon walnut cukup melimpah, akan tetapi pohon ini membutuhkan waktu yang lama untuk siap ditebang dan dijadikan kayu walnut.

Orang terdahulu dapat dengan mudah menggunakan kayu walnut untuk membangun rumah, lemari, dan pagar. Namun pada jaman saat ini, orang-orang menggunakan kayu walnut untuk hampir semua hal, termasuk dalam pembuatan rek kereta dan baling-baling pesawat.

Meski tidak terancam punah, jumlah dari pohon walnut jauh lebih sedikit daripada sebelumnya.

Untuk itu perlunya kesadaran untuk tidak menebang kayu jenis ini sembarangan dan perlu menggunakan sistem tebang pilih agar tidak terus mengurangi jumlah spesies walnut yang ada di dunia.

Kayu Walnut VS Kayu Jati

Kayu walnut vs Jati

Dari tampilan, kedua jenis kayu ini tentu berbeda. Kayu walnut memiliki warna cokelat tua, akan tetapi kayu jati memiliki warna yang lebih terang.

Serat dari kayu jati lebih menonjol dengan pola bergelombang, sedangkan serat kayu walnut tidak begitu menonjol dan lebih lurus dari serat kayu jati.

Kedua jenis kayu ini memiliki kesamaan, yaitu daya tahan yang baik dan kuat.

Baca Juga: √ Harga Parket Kayu Jati Terupdate 2021 – 2022

Dari segi harga, kayu walnut kerap dianggap sebagai kayu premium dan lebih mahal dari kayu keras sejenis lainnya.

Kayu walnut biasanya tidak dapat dibeli dengan ukuran yang panjang, dan biasanya lebih banyak kayu gubal daripada bagian lainnya.

Untuk pembuatan furnitur, untuk kayu walnut membutuhkan pembelian yang lebih banyak dan itu akan membuatnya lebih mahal dari material kayu jati.

Itulah pembahasan yang dapat kami paparkan mengenai kayu walnut, semoga informasi diatas dapat menambah wawasan baru dan selamat bertemu di artikel selanjutnya!

Untuk informasi produk kayu lantai untuk memperbarui rumah lama anda, silahkan menghubungi marketing kami di 0812-2041-993

(Visited 66 times, 1 visits today)
Scroll to Top