manfaat pohon kelapa

5 Bagian Pohon Kelapa disertai Pemanfaatannya

Siapa yang tak kenal dengan jenis pohon satu ini, kelapa memiliki kepopuleran sangat tinggi karena banyak manfaat yang dihasilkannya.

Bahkan bisa disebutkan semua bagian dari pohon kelapa dari akar hingga pucuk daunnya dapat dimanfaatkan untuk berbegai kebutuhan manusia, sehingga banyak orang menyebutnya dengan pohon kehidupan (Tree of Live).

Pohon kelapa atau nama ilmiahnya Cococ Nucifera L. ini merupakan tanaman perkebunan atau tanaman industri yang banyak ditanam oleh petani untuk didistribusikan keseluruh segmen pasar yang membutuhkan.

5 bagian utama dari pohon kelapa memiliki banyak sekali manfaat, penasaran? Berikut ulasannya:

Akar Kelapa

manfaat akar kelapa

Akar dari pohon kelapa memang tak banyak orang meliriknya, biasanya masyarakat hanya memanfaatkan bagain batang dengan buah kelapa.

Akan tetapi siapa sangka, akar kelapa ternyata memiliki banyak manfaat yang dapat berdampak cukup besar pada kehidupan manusia.

Berikut ini manfaat dari akar kelapa:

Menjadi inspirasi teknologi penyangga bangunan

Teknologi penyangga bangunan cakar ayam seperti di bandara Soekarno-Hatta yang dibuat oleh Sedyatmo terinspirasi dari akar kelapa.

Akar kayu kelapa memang memiliki struktur yang kuat dan mampu menahan bobot dari pohon kelapa tersebut dari angin kencang yang menerpanya. Hal itu yang membuatnya menjadi insprasi.

Menjadi bahan obat-obatan

Akar dari pohon kelapa ini memiliki manfaat di bidang kesahatan atau medis, dipercaya dapat menjadi obat suatu penyakit dengan takaran tertentu sesuai anjuran medis.

Batang Kelapa

manfaat batang pohon kelapa

Batang kelapa menjadi bagian penting untuk indutsri perkayuan, dimana kayu glugu atau kayu kelapa ini menjadi material pembuatan kontruksi pada bangunan seperti rumah, dan banyak lainnnya.

Berikut pemanfaatan batang kelapa:

Kayu kelapa (glugu) untuk kontruksi rumah

Kayu yang dihasilkan dari batang kelapa ini banyak memiliki manfaat bagi industri perkayuan.

Banyak orang memanfaatkannya sebagai kontruksi bangunan rumah seperti rangka atap, lantai kayu, kusen dan lainnya.

Baca Juga:
Info Harga Lantai Kayu Terbaik & Bergaransi

Tekstur dari kayu kelapa sangat terlihat eksotis, memiliki serat yang lurus dan tegas ditambah dengan warna khas cokelat gelap kemerahan membuatnya semakin disukai orang pelengkap material kayu di rumah mereka.

Bahan pembuatan kertas

Jarang diketahui tetapi batang kelapa dapat dijadikan sebagai bahan pembuatan kertas.

Hal itu memang benar adanya, ekstrak dari batang kelapa dapat menjadi bahan untuk diolah menjadi sebuah kertas.

Buah Kelapa

manfaat buah kelapa

Buah kelapa banyak memegang peran penting bagi kehidupan manusia, pasalnya air yang terkandung dalam buah ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia.

Semua bagian dari buah kelapa memiliki manfaatnya masing-masing, dan tak ada yang terbuang sedikitpun.

Berikut pemanfaatan yang dihasilkan dari buah kelapa:

Kopra dari daging buah kelapa

Daging dari buah kelapa juga berpengaruh pada perekonomian di Indonesia.

Bagaimana tidak, Indonesia merupakan penghasil kopra (daging buah yang dikeringkan) terbesar kedua di dunia setelah Filipina.

Arang dari cangkang buah kelapa

Selain itu, cangkang dari daging kelapa sekarang populer karena dapat dijadikan material bahan baku arang, atau orang menyebutnya dengan charcoal atau briket.

Arang merupakan bahan alternatif yang digunakan untuk memasak dengan metode panggang. Arang yang dibuat dari cangkang kelapa memiliki kualitas sangat baik sehingga membuat pemanggangan lebih sempurna dan maksimal.

Selain digunakan sebagai bahan bakar alternatif, arang juga memiliki khasiat untuk kecantikan seperti mengatasi masalah kulit berminyak komedo, membunuh sel kulit mati, dan beragam lainnya.

Daun Kelapa

manfaat daun kelapa

Daun kelapa berbeda dengan jenis bunga tanaman pada umumnya, memiliki ukuran yang sangat lebar dan panjangnya melebihi tinggi manusia rata-rata.

Daun kelapa alaminya berwarna hijau, akan tetapi ada beberapa faktor yang dapat merubah warnanya seperti usia dan kurangnya suatu unsur pada pertumbuhannya.

Berikut manfaat yang dihasilkan daun kelapa:

Daun kelapa dijadikan atap

Pada jaman dulu, rumah-rumah yang dibangun biasanya menggunakan atap dari daun kelapa kering yang ditumpuk merata hingga menutupinya dari air hujan dan panas.

Namun, sekarang juga masih berfungsi tapi bukan untuk rumah permanen, melainkan sebagai saung di pedesaan ataupun dapat dijadikan sebagai atap darurat ketika sedang di hutan yang jauh dari pemukiman warga.

Kerajinan tangan dari daun kelapa

Daun kelapa juga dapat bermanfaat sebagai bahan untuk bermacam-macam kerajinan tangan.

Tetapi daun yang baik untuk kerajinan tangan biasanya daun yang masih muda, sehingga lebih lentur dan mudah dibentuk sedemikian rupa.

Beberapa manfaat dari kerajinan daun kelapa sampai saat ini masih dipergunakan seperti sebagai janur pada acara pernikahan, sampai ketupat yang biasa dibuat saat menjelang hari raya umat muslim.

Bunga Kelapa

manfaat bunga kelapa

Banyak yang mengira kalau pohon kelapa tidak memiliki bunga, akan tetapi sebetulnya pohon kelapa memiliki bunga yang banyak manfaatnya.

Bunga pohon kelapa biasanya berwarna putih kekuningan dengan tekstur yang agak keras dan mengembang dari tempurung berbentuk bulat memanjang.

Berikut ini manfaat dari bunga kelapa:

Menghasilkan nira yang ragam fungsi

Air nira merupakan cairan bening yang biasanya terdapata pada tandang bunga kelapa yang belum mekar atau terbuka.

Air nira diperoleh dengan cara menyayat bagian ujung bunga kelapa sehingga dapat mengeluarkan cairan bening yang terasa manis.

Nah, air nira yang dihasilkan dari pohon kelapa tersebut banyak memiliki manfaat, seperti sebagai dikemas menjadi sebuah minuman ringan atau dipanaskan hingga mengental dan menjadi gula kelapa yang lezat.

Sebagai Kerajinan Tangan

Bunga dari pohon kelapa ini juga dapat bermanfaat untuk dijadikan sebagai kerajinan tangan.

Tak hanya daunnya, bunga kelapa juga bisa dijadikan sebagai tas dan topi yang cukup bernilai untuk souvenir dan lainnya.

Baca artikel serupa:
Kayu Sungkai, Asli dari Indonesia Terkenal di Mancanegara!

Itulah 5 bagian pohon kelapa yang memiliki banyak manfaat dari kerajinan kecil hingga berdampak besar pada ekonomi negara.

Terimakasih telah membaca artikel ini hingga selesai, semoga menambah wawasan baru dan selamat berjumpa di artikel selanjutnya!

(Visited 41 times, 1 visits today)
Scroll to Top