Lantai Lapangan Voli

5 Jenis Lantai Lapangan Voli Indoor Terbaik Sesuai Standar!

Lantai lapangan voli – Voli merupakan jenis olahraga yang cukup populer di dunia, bahkan di Indonesia sendiri, jenis olahraga ini menempati peringkat ketiga sebagai olahraga yang paling populer setelah sepak bola dan badminton.

Di beberapa jenis olahraga pastinya terbagi dalam dua jenis lapang, yaitu lapang outdoor (luar ruangan) dan lapangan indoor (di dalam ruangan), begitupun dengan olahraga voli.

Pemilihan jenis lantai lapangan voli tentunya bergantung pada ruangan apa yang digunakan. Untuk lapang indoor pastinya penting untuk memilih jenis lantai yang tepat, karena tidak semua jenis lantai dapat di aplikasikan pada ruangan indoor, begitupun outdoor.

Artikel Terkait: Jenis lantai untuk lapangan badminton

5 Jenis Lantai Lapangan Voli Indoor Terbaik

Untuk memastikan olahraga voli dalam kondisi terbaiknya, berikut ini lima jenis material lantai lapangan voli indoor terbaik yang dapat anda gunakan sebagai alas lapangan voli:

1. Lantai Kayu (Parket)

Lantai Lapangan Voli Indoor

Sama seperti jenis olahraga lainnya seperti basket dan badminton, lantai kayu atau parket ini menjadi material lantai yang terbaik untuk digunakan. Pasalnya lantai kayu atau parket ini memiliki sertifikasi khusus untuk standarisasi dari beberapa federasi olahraga.

Terbuat dari kayu solid pilihan membuatnya memiliki kekuatan dan keawetan yang tidak bisa disepelekan. Biasanya jenis kayu yang digunakan untuk lantai lapangan voli ini menggunakan kayu jati dengan grade terbaik.

Kayu jati memang terkenal dengan kualitas yang sangat baik, memiliki tingkat tingkat kuat dan awet pada kelas I – II. Selain dibekali dengan daya tahan yang baik, kayu jati juga memberikan tampilan yang estetik untuk sebuah lapangan indoor.

Keunggulan lantai parket dengan jenis lantai lainnya juga terletak pada tingkat keamanannya, dimana ketika seseorang terjatuh diatasnya maka tidak akan menimbulkan luka berlebih atau cidera parah.

Baca Juga: Harga Parket Kayu Jati Terupdate 2021 – 2022

2. Lantai Interlock

Lantai Lapangan Voli Indoor

Jenis lantai ini seringkali ditemukan pada lapangan futsal indoor karena terbuat dari bahan polypropylene yang memiliki daya tahan tinggi. Namun seiring berjalannya waktu, lantai interlock juga kerap digunakan untuk lantai lapangan voli indoor.

Tidak hanya memiliki daya tahan yang sangat baik, lantai interlock juga terjamin tahan terhadap serangan hama perusak seperti serangga, jamur dan bahkan bakteri.

Dari sisi tampilannya, lantai interlock ini memiliki banyak warna sesuai dengan keinginan dari yang gelap, terang hingga netral. Sehingga anda tak perlu kesulitan memilih lantai yang sesuai dengan konsep desain pada ruangan.

Selain itu, lantai interlock seringkali dipilih sebagai material lantai lapangan voli indoor karena pemasangannya yang terbilang cukup mudah, dan dapat diaplikasikan secara mandiri. Dibekali dengan fitur knock down membuat anda hanya tinggal memasang dan bongkar dengan mudah.

Tak perlu cemas dengan resiko terkelupas, karena lantai interlock ini memiliki kuncian pada setiap sudutnya.

3. Lantai PU (Polyurethane)

Lantai Lapangan Voli Indoor

Lantai PU atau polyurethane ini seringkali ditemukan pada lapangan atletik, seperti lintasan lari. Namun seiring berjalannya waktu jenis lantai ini kerap digunakan pada lantai lapangan voli outdoor hingga indoor.

Lantai poliuretan ini memang terbukti kuat dan mampu menahan beban berat. Selain itu lantai PU juga memiliki tekstur mulus pada permukaan yang membuatnya nyaman untuk digunakan berlolahraga.

Selain itu, lantai poliuretan ini memiliki lapisan yang tahan terhadap dampak sinar UV, hal tersebut yang membuatnya cenderung digunakan pada luar ruangan (outdoor). Namun sifatnya yang lembut dan kuat seringkali menjadi jawaban untuk digunakan pada lapangan indoor.

Dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya, membuat lantai polyurethane ini dapat disebut lantai multifungsi, karena lantai PU ini dapat digunakan pada hampir seluruh jenis olahraga seperti voli, basket, futsal, lintasan lari hingga pusat kebugaran.

4. Lantai SPC

Lantai Lapangan Voli Indoor

SPC Flooring atau lantai SPC (Stone Plastic Composite) ini merupakan sebuah material lantai yang terbuat dari bahan kalsium karbonat, yang dihasilkan dari campuran batu kapur, bubuk pvc dan stabilizer.

Menurut sejarahnya, lanta SPC ini merupakan hasil dari pengembangan pelapis lantai LVT ( Luxury Vinyl Tile) yang juga merupakan salah satu rekomendasi material lantai lapangan voli indoor selanjutnya.

Lantai SPC ini memiliki kualitas yang terbilang cukup baik. Terbuat dari komponen kalsium karbonat membuatnya memiliki karakteristik yang sangat kuat dan tahan lebih lama dibandingkan lantai vinyl standar.

Selain kekuatannya yang cukup baik, lantai SPC ini juga memberikan tampilan yang menarik layaknya lantai kayu solid dengan corak kayu yang terlihat seperti aslinya.

Artikel Terkait: Plus Minus Spc Flooring Beserta Harga & Cara Pasangnya

5. Lantai Vinyl

Lantai Lapangan Voli Indoor

Vinyl menjadi lantai sintetis yang sangat direkomendasikan sebagai lantai lapangan voli indoor, pasalnya jenis lantai ini memiliki daya tahan yang baik untuk lalu lintas tinggi.

Memiliki tampilan seperti lantai kayu asli dengan tekstur yang lebih elastis membuatnya lebih unggul. Namun tidak semua jenis lantai vinyl memiliki kekuatan yang baik, untuk itu perlu selektif dalam memilih jenis lantai vinyl untuk lapangan voli.

Lantai vinyl berbeda dengan lantai SPC, lantai ini terbuat dari material utama yaitu PVC (Polyvinyl Chloride) yang biasa ditemukan pada paralon atau pipa air, dengan begitu sudah jelas dengan kekuatan yang dimilikinya dan ketahanannya terhadap air.

Secara kekuatan memang lantai vinyl ini lebih rendah jika dibandingkan dengan lantai parket kayu solid, namun tetap ideal untuk digunakan sebagai alas lapangan voli indoor yang estetik dan kuat.

Baca Juga: Harga Lantai Vinyl Terupdate 2021 – 2022

***

Demikian informasi mengenai kelima material terbaik untuk lantai lapangan voli indoor, semoga artikel ini dapat menjadi pengetahuan baru untuk kita semua!

Untuk informasi pembelian dan pemasangan lantai kayu parket untuk lapangan voli, badminton atau basket dapat menghubungi marketing kami disini 0812-2041-993

(Visited 106 times, 1 visits today)
Scroll to Top