perbedaan karpet dengan lantai kayu

Menilai perbandingan lantai kayu dengan karpet

Pemilihan material lantai bangunan bukanlah hal yang sulit, karena cepatnya teknologi informasi kita dapat membandingkan, kalkulasi Rencana Anggaran pembuatan suatu gedung atau bangunan. Pada umumnya orang-orang biasa menggunakan ubin, keramik atau plesteran halus yang menjadi lantai.

Di beberapa ruangan suatu rumah bahkan menggunakan karpet sebagai penutup alas lantai. Lantai karpet jarang digunakan di seluruh ruangan rumah tetapi biasa digunakan di tempat besar seperti bioskop, hotel, auditorium dan banyak tempat lainnya.

lantai parquet

Penggunaan lantai kayu kian menjamur lantai berbahan dasar kayu ini kian diminati karena kita dapat memenangkan suasana ruangan yang estetik, mewah, elegan dan juga baik untuk kesehatan. Beberapa orang mungkin sedang mempertimbangkan penutup lantai berbahan kayu dan kapet.

Tahukah anda, perbandingan antara lantai kayu dan karpet? kedua jenis penutup lantai tersebut memiliki suatu perbandingan yang secara signifikan. Sebelum topik ke pembahasan, alangkah lebih baiknya kita mengetahui tentang karpet dan lantai kayu agar mudah untuk di pahami ketika menilai perbandingannya.

Lantai kayu

parket lantai
Lantai Parket

Lantai kayu merupakan sebuah produk penutup lantai yang terbuat dari bahan dasar kayu asli atau utuh. Terdapat beberapa tipe kayu yang digunakan untuk lantai seperti kayu jati, mahoni, merbau, dan banyak lagi. Ciri-ciri lantai kayu yang bagus Memiliki lapisan venner dengan ketebalan 2-6 mm dengan ketebalan tersebut lantai kayu dapat bertahan 30-80 tahun. Sebelum anda memilih lantai berbahan kayu, kita simak dulu beberapa jenis dari lantai kayu di bawah ini:

jenis-jenis lantai kayu

  • Lantai kayu solid memiliki ketebalan 2-6 mm terbuat dari 100% kayu asli dengan proses amplas dan penyulingan berulang kali. Termasuk ke dalam jenis lantai kayu yang sangat berkualitas namun kayu solid ini lemah terhadap suhu lembab sehingga tidak di sarankan di gunakan untuk lantai ruang bawah tanah dan ruangan yang memiliki tingkat kelembapan tinggi.
  • Lantai kayu laminate ini terbuat dari serbuk kayu yang diberi bahan kimian lalu di press dan di panaskan dengan suhu yang tinggi. Memiliki permukaan yang keras tetapi lebih rentan terhadap kelembapan dibandingkan lantai kayu solid.
  • Lantai kayu engineered terbuat dari perpaduan kayu solid dengan bahan laminate atau multiplex. Pada bagian dasar menggunakan kayu berbahan laminate sedangkan pada bagian permukaan dilapisi dengan kayu solid. Memberikan kestabilan pada pemuaian dan penyusutan lantai kayu.

Informasi lebih lengkap mengenai jenis-jenis lantai kayu: Baca selengkapnya

Lantai karpet

karpet lantai
Karpet Lantai

Lantai karpet merupakan penutup lantai yang dibuat dari bahan tekstil yang bagian permukaannya memiliki serat berbulu dari wol buatan seperti polypropylene dan terdiri dari lilitan yang telah dipanaskan untuk mempertahankan struktur pola karpet. Bila digunakan di rumah cocok di pasang di ruang main anak, kamar, dan ruang kerja. Karpet terbagi dari beberapa jenis yaitu:

  • Karpet satuan yang dipakai sebagai pemanis ruangan, karpet memliki beragam motif dan beragam bentuk seperti kotak, persegi panjang atau lingkaran.
  • Karpet yang permanen di pasang pada suatu ruangan, jenis ini biasanya digunakan di banyak tempat besar seperti bioskop, auditorium, kantor maupun di ruangan ber AC lainnya.
  • Karpet outdoor memiliki keunggulan tahan terhadap suhu, medan dan kotoran. Karpet jenis ini biasa digunakan di area teras rumah.
  • Karpet runner di desain untuk menutupi area yang bentuk ruangnya memanjang dengan lebar yang pendek. Biasanya digunakan sebagai lantai area koridoe atau area transisi satu ruang ke ruangan lainnya.
  • Karpet kamar mandi memiliki permukaan yang lembut dan mampu menyerap air serta agak tebal dan di tempatkan di area kering kamar mandi, adalagi karpet lantai anti-slip yang digunakan di kamar mandi bahannya terbuat dari karet sehingga dapat digunakan di area basah kamar mandi seperti dekat shower atau bathub.

Baca juga: Perbandingan lantai keramik dan lantai kayu

Keunggulan dan kekurangan memakai lantai karpet

Kelebihan memakai lantai karpetKekurangan memakai lantai karpet
Kehangatan, lantai karpet dapat mempertahankan panas yang bila digunakan di musim dingin atau penghujan dapat membuat suhu lebih hangat dibandingkan jenis lainnya.Menyerap debu lebih kuat sehingga perlu di bersihkan menggunakan vacuum cleaner.
Kenyamanan, memberikan tempat yang nyaman ketika duduk di lantai beralaskan karpet.Rentan terhadap allergen seperti jamur, tungau, debu dan bulu peliharaan.
Peredam suara, karenanya digunakan di berbagai biskop dan hotel.Sensitive akan noda.

Perbandingan lantai kayu dan karpet

  1. Kemudahan pemasangan
cara memasang lantai karpet mudah

Di dalam hal ini, jenis karpet lah yang lebih unggul karena mudah dan dapat di pasangkan sendiri dengan desain atau gaya sesuai selera, sedangkan lantai kayu memerlukan tenaga ahli yang berpengalaman untuk pemasangan.

2. Kemudahan dalam hal pembersihan

merawat lantai karpet dan lantai kayu

lebih mudah lantai kayu karena hanya di sapu dan di pel saja dengan aturan yang ada. Sedangkan karpet lebih sulit dibersihkan ketika ada noda, harus di cuci dan pembersihan debu harus menggunakan vacuum cleaner.

3. Kenyamanan ketika digunakan

karpet dan lantai kayu

Keduanya menawarkan kenyamanan sesuai dengan kebutuhan desain ruangan anda.

4. Keindahan di dalam ruangan

lantai kayu sangat indah dan mewah

Jika dilihat dari segi keindahan, memang tidak bisa dipungkiri bahwa lantai kayu lah yang menjadi lebih unggul di dalam hal ini karena lantai kayu memiliki warna yang khas sebab terbuat dari kayu alami. Sedangkan karpet lantai kurang begitu dapat menampilkan suasana yang sangat indah dan mewah.

5. Tingkat keawetan

lantai kayu sangat awet

Dari segi keawetan, lantai kayu memiliki tingkat kualitas keawetan yang cukup tinggi karena terbuat dari jenis kayu yang tergolong ke dalam jenis kayu keras contohnya seperti kayu jati, kayu merbau, kayu sonokelling dan jenis kayu keras lainnya. Bahkan lantai kayu dapat bertahan hingga beberapa tahun ke depan, jika ingin bertahan hingga puluhan tahun harus di rawat secara insentif agar kualitasnya terjaga dengan baik.

6. Harga

harga lantai kayu dan karpet

karena memiliki banyak jenis sehingga harganyapun akan lebih variatif tergantung dari bahan yang digunakan, namun dapat dikisarkan lantai kayu terbilang lebih mahal dari karpet.

Baca juga: Harga lantai kayu terupdate 2021

*Kesimpulannya

Memakai lantai kayu atau karpet di dalam rumah dapat memberikan kenyamanan yang tidak jauh berbeda.

Dari segi kualitas, lantai kayu memang dapat di andalkan karena terbuat dari jenis kayu yang utuh dan keras sehingga dapat dipergunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Soal harga, karpet lantai memiliki harga yang sangat terjangkau jika dibandingkan dengan harga lantai kayu.

Soal keindahan dan kemewahan, lantai kayu lah yang menjadi lebih unggul karena memiliki warna dan serat kayu alami yang khas dengan di dukung pola pemasangan yang bernilai seni tinggi.

Baik lantai kayu maupun karpet keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tinggal anda sendiri yang menentukan kira-kira jenis penutup lantai mana yang bagus untuk rumah anda. Segitu saja pembahasan kita kali ini, semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi anda. Sekian dan terimakasih

(Visited 55 times, 1 visits today)
Scroll to Top