Jual produk lantai kayu

Perbandingan lantai kayu dan lantai keramik

Memilih bahan penutup lantai pada suatu bangunan yang sedang di bangun dan sedang tahap proses flooring, merupakan suatu hal yang terbilang cukup merepotkan.

Sebab, pemilihan jenis lantai dalam membangun atau mendekorasi suatu bangunan haruslah dengan teliti dan berhati-hati serta harus menyesuaikan dengan kebutuhan ruangan.

Kenapa harus teliti dan berhati-hati ? karena produk bahan penutup lantai banyak sekali jenis nya, banyaknya jenis lantai tentunya berbeda-beda pula kualitas yang dimiliki dari masing-masing jenis lantai.

Perlu diketahui bahwa peran lantai pada suatu ruangan sangat lah penting, karena jenis lantai yang kita pilih akan menentukan suatu ruangan menjadi indah atau biasa-biasa saja.

Produk lantai keramik
Lantai kayu dan lantai keramik

Dari sekian banyaknya jenis lantai, terdapat 2 jenis bahan penutup lantai atau produk yang penggunaannya terus meningkat dari tahun ke tahun, jenis lantai tersebut yang tak lain yaitu lantai keramik dan lantai kayu.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas suatu perbandingan antara lantai kayu dengan lantai keramik, manakah yang lebih baik ? mari kita simak ulasan berikut?

Lantai kayu

Lantai kayu
Lantai kayu

Lantai kayu atau parket merupakan sebuah produk yang berperan sebagai bahan material penutup lantai pada sebuah ruangan yang terbuat dari jenis kayu solid.

Kayu solid ini terbuat dari kayu utuh yang dipotong hingga berbentuk persegi atau lempengan, setelah itu diproses lebih lanjut hingga mendapatkan kadar MC (Moisture Content).

Tidak sembarangan jenis kayu bisa dimanfaatkan sebagai lantai kayu, tetapi harus memiliki kualitas yang cukup tinggi dari segi ketahanan dan juga dari segi keawetan.

baca juga: Jenis – jenis lantai kayu

Berikut inilah dia keunggulan lantai kayu yang tidak dimiliki oleh lantai keramik:

  • Memiliki corak motif dan warna yang unik, dengan hal ini lantai kayu dapat memberikan banyak tampilan menarik dan berkesan mewah serta tidak membosankan.
  • Memiliki sifat yang empuk, sifat empuk ini dapat meminimalisir terjadinya cedera saat jatuh ke lantai, maka tak heran jika lantai kayu sering di gunakan di tempat sarana olahraga seperti lapangan basket dan badminton.
  • Dapat mengeluarkan ION negatif, menurut para peniliti, lantai kayu dapat mengeluarkan ION negatif yang dimana hal tersebut sangat bagus untuk kesehatan.
  • Memiliki kesan hangat, yang tak kalah menariknya lagi lantai kayu memiliki kesan hangat pada ruangan, hal ini dapat memberi keuntungan bagi pengguna karena terhindar dari berbagai penyakit seperti rematik.
  • Memiliki nilai ekonomis yang tinggi

Sayangnya, lantai kayu memerlukan perawatan yang intens agar terlihat lebih segar dan mengkilap serta menghindari kerusakan yang tidak disengaja.

Walaupun memiliki tingkat ketahanan yang tinggi, akan tetapi lantai kayu jika terkena paparan sinar matahari secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama akan cepat terlihat kusam.

Oleh karena itu, lantai kayu direkomendasikan untuk menutupi lantai pada ruangan atau area di dalam ruangan (indoor) seperti, ruangan kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga.

Lantas kenapa lantai kayu tidak bisa atau tidak cocok diaplikasikan ke area luar ruangan ? karena pada umumnya lantai kayu terbilang cukup sensitif terhadap air serta perubahan cuaca yang extrim.

Tapi apakah ada produk lantai kayu yang bisa dipasangkan di luar ruangan ? tentu ada, nama atau jenis produk tersebut bernama decking, produk ini diperuntukan menutupi lantai di luar ruangan.

Baca juga: Lantai kayu untuk outdoor

Lantai keramik

lantai keramik
Lantai keramik

Lantai keramik atau ubin lantai merupakan produk penutup lantai yang dimana bahan baku pembuatannya terbuat dari tanah liat dengan cara di panaskan dan dibentuk sedemikian rupa hingga berbentuk kotak atau persegi.

Jenis lantai yang satu ini sudah lazim digunakan di hampir setiap rumah yang kita temui, bahkan penggunaan jenis lantai ini terus meningkat seiring berjalannya waktu.

Alasan kuat orang-orang memilih lantai jenis ini yaitu karena dapat diaplikasikan ke berbagai ruangan yang ada di rumah baik luar ruangan maupun di dalam ruangan serta memiliki harga yang cukup terjangkau.

Berikut inilah dia keunggulan yang dimiliki lantai keramik dibandingkan lantai kayu:

  • Mudah dicari, hampir di setiap toko yang menyediakan bahan bangunan menyediakan lantai keramik, tidak seperti lantai kayu yang hanya disediakan di toko-toko tertentu.
  • Tidak mudah terbakar, lantai keramik pada umumnya memang tidak mudah terbakar, maka tak heran jika lantai keramik sering diaplikasikan di area-area yang cukup dekat dengan aktivitas yang menggunakan api seperti, kompor
  • Memiliki sifat fleksibel, lantai keramik dapat dipasangkan di area-area yang tidak dapat dipasangkan lantai kayu seperti, kamar mandi.
  • Memiliki beragam bentuk sesuai kebutuhan, Pada umumnya lantai keramik itu berbentuk persegi, akan tetapi seiring berjalannya waktu para produsen mulai membuat lantai keramik dengan bentuk yang bervariatif.
  • Mudah proses perawatannya, dalam hal ini lantai keramik memiliki keunggulan tersendiri sebab untuk merawat lantai keramik tidak terlalu sulit.
  • Harga yang cukup terjangkau, selain faktor kegunaannya, hal ini menjadi faktor penting juga karena lantai keramik memiliki harga jual yang dapat di jangkau oleh semua kalangan.

Akan tetapi, penggunaan lantai keramik ini harus berhati-hati karena mudah retak jika terkena benturan dari barang atau furniture berat.

Tidak seperti lantai kayu yang bersifat hangat, sayangnya lantai keramik bersifat dingin dan dapat menyebabkan rematik jika sering atau terlalu lama menginjakan kaki di lantai keramik.

Selain bersifat dingin, akan tetapi lantai keramik pun bersifat licin serta tidak memiliki motif lantai yang natural.

Ditambah lagi dengan proses pemasangan yang terbilang cukup rumit, membutuhkan tenaga asli kerja di bidangnya agar tersusun rapih dan tidak berantakan.

Baca juga: Rekomendasi jenis lantai terbaik

*Kesimpulan

Baik itu lantai kayu maupun lantai keramik kedua produk tersebut memiliki keunggulannya masing-masing.

Tinggal keputusan Anda sendiri yang menentukan jenis lantai mana yang akan di pasang pada rumah.

Pastikan sesuai dengan kebutuhan ruangan dan tentunya sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Itulah dia pembahasan kali ini, semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat. Sekian dan Terimakasih

(Visited 6 times, 1 visits today)
Scroll to Top