Kamar Loteng

6 Tips Membuat Kamar Loteng Yang Nyaman & Anti Terbentur!

Mengubah sebuah atap menjadi kamar loteng yang nyaman merupakan sebuah pilihan yang tepat dan itu bergantung pada bentuk atau ukuran sebuah ruang kosong di atas rumah.

Seringkali perubahan atap menjadi kamar terlihat canggung atau tidak teratur, kamar loteng perlu menyesuaikan ketinggian atap yang membuat prosesnya akan menjadi lebih sulit dari membuat kamar biasa.

Artikel Rekomendasi: 5 Tips Mendekor Kamar Tidur Kecil Agar Semakin Fungsional

Namun, jika anda sudah matang merencanakan pembuatan kamar loteng, kami telah mengumpulkan beberapa informasi atau tips untuk membantu anda dalam mengatasi sudut yang sempit, bahkan ketinggian langit-langit yang rendah.

Berikut ini tips kamar loteng yang dapat anda jadikan referensi untuk pertimbangan dalam melakukan proses konversi loteng menjadi kamar tidur yang nyaman dan aman.

1. Buat Area Kepala Yang Lebih Luas

Kamar Loteng

Ruang kepala yang luas sangat dibutuhkan ketika anda akan mengubah atap menjadi kamar loteng yang nyaman, hal tersebut bertujuan untuk menghindari resiko terbentur atap ketika bangun tidur saat pagi hari.

Untuk tips yang pertama, anda perlu mempertimbangkan tata letak kasur atau ranjang tepat diantara tengah-tengah siku plafon, agar ruang kepala lebih tinggi dari sekitarnya. Jangan sampai meletakan kasur di area atap yang menurun, karena selain beresiko terbentur juga dapat membuat tidur jadi tidak nyaman dan lebih sesak.

Mendesain jendela atap dalam gaya atau bentuk akan mempengaruhi tampilan dari dalam dan juga fungsinya. Atap kecil yang datar pada kamar loteng sangat cocok sebagai pencahayaan alami namun tidak terlalu menghabiskan ruang yang kecil pada area loteng.

2. Cerahkan Kamar Loteng Dengan Skylight

Kamar Loteng

Pada dasarnya loteng atau atap tidak memiliki sirkulasi bukaan atau jendela, sehingga memperluas loteng tidak dapat dilakukan dengan mudah dengan anggaran yang juga akan lebih besar. Gunakan konsep jendela Skylight untuk memasukan cahaya alami yang dapat membuat ruangan terasa lebih luas.

Ada banyak desain baru yang cocok digunakan untuk jendela atap di pasaran, dengan mempertimbangkan kamar loteng secara khusus. Dari mulai jendela geser, jendela otomatis, jendela remot, hingga jendela yang membuka ke balkon.

Baca Juga: 3 Tips Memilih Gorden Rumah Yang Sesuai Kebutuhan

Penggunaan desain skylight pada kamar loteng tak hanya menjadi pencahayaan alami dan memberi kesan luas pada ruangan, tetapi juga sebagai pemandangan yang indah dimalam hari melihat langsung langit dengan bintang tanpa halangan apapun.

3. Buat Tempat Bermain Anak

Kamar Loteng

Ketika keluarga kecil anda mulai bertambah dan loteng menjadi tempat yang sangat baik sebagai kamar baru untuk buah hati. Selain sebagai tempat tidur, kamar loteng anak juga menjadi tempat bermain anak-anak juga sebagai penyimpanan mainan yang akan terlihat lebih rapih daripada pada ruangan keluarga di lantai dasar.

Atap setengah miring yang kecil bisa menjadi tempat tidur sikecil yang sempurna dengan lemari pakaian dan seiring bertumbuh usianya juga, mereka akan menghargai kemandiriannya karena memiliki ruang privasinya sendiri.

Jika anda memiliki ruang loteng yang lebih tinggi mungkin dapat memasukan tempat tidur susun sementara dengan tetap nyaman karena memiliki kasur dasar yang menempel langsung dengan permukaan lantai (tanpa siku-siku).

4. Hadirkan Kamar Mandi Dalam yang Minimalis

Kamar Loteng

Menambahkan kamar mandi di dalam pada kamar loteng menjadi sebuah kemewahan dari konsep desain yang telah direncanakan.

Dengan begitu anda tidak perlu sering berjalan menuruni tangga bolak-balik hanya untuk mandi atau sekedar buang air kecil. Pastikan untuk membagi area kamar tidur dengan kamar mandi yang sesuai.

Baca Juga: Lantai Kamar Mandi: Mana Yang Terbaik Untuk Dipakai?

Konsep kamar mandi minimalis mungkin merupakan pilihan yang tepat untuk area kamar loteng, dengan begitu anda akan tetap mendapatkan kamar tidur yang luas tanpa mengurangi kenyamanan tidur.

5. Hadirkan Kesan Kayu yang Membuat Kamar Loteng Lebih Hangat

Kamar Loteng

Saat mengubah loteng menjadi kamar tidur, beberapa elemen tak terduga mungkin dapat anda temukan di sebuah toko pinggir jalan, termasuk lantai parket yang menarik, plafon kayu yang estetik, atau bahkan dinding kayu panel yang dapat menjadikan kamar loteng lebih hidup.

Ruang loteng yang menggunakan sentuhan kayu dapat berfungsi maksimal untuk menetralkan suhu ruangan, karena alaminya kayu dapat menjaga suhu kamar tetap hangat disaat kondisi musim luar yang dingin, begitupun sebaliknya.

Buka Disini: Info Harga Lantai Kayu Terbaik & Bergaransi Tahun 2022

Selain itu, lantai parket kayu atau plafon dapat membuat kamar loteng lebih memiliki nilai estetika juga menghadirkan kesan mewah. Dengan begitu anda akan tertidur dengan nyenyak dan kualitas tidur pun terjaga dengan baik.

6. Pertimbangkan Dalam Menentukan Lemari Penyimpanan

Kamar Loteng

Lemari yang besar biasanya sangat tidak cocok untuk ditempatkan pada kamar loteng yang memiliki area kecil atau minimalis. Menemukan lemari untuk kamar loteng terbilang cukup sulit apalagi dengan atap yang miring dan sudut ruangan yang terbilang canggung.

Menggunakan lemari konvensional mungkin perlu di abaikan tanpa ketinggian ruangan yang cukup, ditambah jenis lemari pada umumnya seringkali membuat ruangan menjadi lebih sempit karena ukurannya yang memang cukup besar.

Sebagai alternatifnya, anda dapat memesan lemari built-in atau menyatu dengan dinding, sehingga dapat memaksimalkan area lain dalam loteng jika masih tersedia. Penggunaan lemari built-in juga meminimalisir rasa sempit pada kamar loteng, dan terlihat lebih rapih.

***

Itulah beberapa informasi atau tips untuk membangun kamar loteng yang nyaman tanpa merasa sempit dan terhindar dari resiko terbentur. Semoga tips diatas dapat menjadi referensi dan wawasan baru untuk anda yang ingin segera merealisasikan konsep kamar loteng pada hunian.

Untuk informasi mengenai produk lantai parket, plafon kayu, atau dinding kayu panel dapat mengunjugi showroom atau toko kami di alamat yang tersedia dibawah, atau berkonsultasi dengan marketing terbaik kami disini 0812-2041-993

(Visited 31 times, 1 visits today)
Scroll to Top