Gorden Rumah

3 Tips Memilih Gorden Rumah Yang Sesuai Kebutuhan

Pencahayaan menjadi bagian terpenting yang diperlukan untuk hunian. Akan tetapi kebanyakan orang seringkali melupakan pencahayaan alami. Jendela yang lebar dan gorden rumah yang sesuai dapat memaksimalkan pencahayaan alami pada hunian anda.

Akan tetapi pemilihan gorden rumah yang kurang tepat akan merusak fungsi atau bahkan membuat orang yang menghuni rumah tersebut menjadi tidak nyaman.

Oleh karena itu, anda perlu melakukan pertimbangan terhadap pemilihan gorden rumah agar dapat membuat pencahayaan tetap maksimal dan tentunya tetap membuat penghuni rumah merasa nyaman.

Baca Juga: 6 Lantai Carport Minimalis Terbaik Wajib Anda Pakai!

Berikut ini 3 tips menentukan gorden rumah yang anda butuhkan:

1. Tentukan Bahan Kain Gorden Rumah

Gorden Rumah

Menentukan bahan dari kain gorden dapat anda pertimbangkan untuk pertama kali. Memilih bahan kain yang tepat dapat menentukan tampilan yang anda inginkan beserta sebarapa besar cahaya alami itu masuk untuk kebutuhan pencahayaan rumah anda.

Kain gorden yang tebal dan memiliki bobot yang berat memiliki tampilan yang berkesan buram, dan dapat menahan lebih besar cahaya masuk dibandingkan dengan kain yang lebih ringan dan lebih tipis.

Namun, anda juga dapat menggunakan kain tipis atau berbahan dasar katun, apabila ingin mendapatkan lebih besar cahaya yang masuk kedalam ruangan. Gorden rumah dengan bahan yang tipis terbuat dari katun juga memiliki banyak variasi warna serta motif yang beragam.

Selanjutnya, jika anda ingin menggunakan gorden yang dapat menghalangi cahaya sepenuhnya, dapat menggunakan gorden dengan bahan beludru. Gorden jenis ini sangat berat dan buram, selain itu berfungsi dengan baik untuk urusan privasi, karena sifatnya yang tembus pandang dan manahan sinar matahari sepenuhnya.

Selain pemilihan material kain yang akan digunakan, anda juga dapat menentukan warna dan motif gorden untuk rumah. Anda dapat memilih warna gorden yang kontras sebagai elemen yang menonjol pada ruangan. Namun jika ingin menyamarkan, dapat menggunakan yang lebih lembut.

Artikel Terkait: 5 Desain Plafon Kayu Unik & Dekoratif Menarik Dicoba!

2. Tentukan Ukuran Gorden Yang Dibutuhkan

Gorden Rumah

Dalam gorden, panjang merupakan ukuran utama yang perlu dipertimbangkan pada saat menentukan gorden yang tepat. Secara umum panjang tirai terbagi menjadi 5 jenis, yaitu 160cm, 213cm, 241cm, 274cm, dan 305cm. Ukuran gorden tersebut bergantung pada tinggi dari jendela dan plafon rumah.

Untuk menentukan panjang gorden yang sesuai, anda dapat mengukurnya dari saku batang gordeng sampai bagian bawah kain.

Namun jika saat anda mengaplikasikan gorden dan hal buruknya adalah tidak pas seperti terlalu panjang, anda dapat menaikan batang gorden sesuai dengan dengan ketinggian permukaan lantai. Tentukan batang gorden tersebut anda pasang, apakah ingin gorden memiliki posisi yang pas, sedikit menggantung atau bahkan menjuntai kelantai.

Ini tipe gorden berdasarkan panjangnya

Gorden Rumah

Dalam beberapa istilah umum, gorden rumah dibedakan berdasarkan ukuran panjangnya. Berikut ini beberapa tipe atau jenisnya:

  1. Tier; Merupakan tirai yang pendek menutupi sebagain area jendela saja
  2. Apron; Jenis tirai yang menutupi hampir seluruh jendela dan sedikit menggantung diatas lantai
  3. Gorden Lantai; Adalah jenis tirai yang dapat menjangkau sampai kepermukaan lantai.
  4. Puddle; Merupakan jenis tirai yang mencapai ke permukaan lantai dengan beberapa sisa kain yang menggenang dibagian bawah.

Baca Juga: 5 Jenis Kayu Dan Kegunaannya Di Bidang Furnitur

3. Tentukan Elemen Pendukung Gorden Rumah Yang Tepat

Gorden Rumah

Langkah ketiga sekaligus terakhir yang perlu anda lakukan adalah menentukan elemen pendukung gorden, seperti batang gorden. Untuk dapat membuat tampilan gorden lebih simetris, gunakan batang gorden yang memiliki lebar 10 hingga 30 cm dari jendela.

Batang gorden dengan ukuran lebar yang lebih diperpanjang dari ukuran jendela dapat menambahkan tampilan visual yang simetris dan lebih menarik. Selain dari tampilan, space batang gorden dibutuhkan untuk menempatkan gulungan gorden saat anda membukanya. Jadi pastikan untuk memberikan ruang pada batang gorden rumah anda sesuai dengan ukuran jendela.

Biasanya material yang digunakan pada batang gorden berbahan nikel, kuningan atau perunggu. Jika anda menggunakan gorden yang berat pastikan memilih material batang gorden yang kuat. Dan jika ingin menambahkan tiang penahan, pastikan materialnya selaras agar lebih mendapatkan visual yang menarik.

Itulah ketiga tips dalam menentukan gorden rumah yang tepat dan sesuai kebutuhan. Sebelum membeli gorden, pastikan anda telah benar-benar memahami tips artikel rumah diatas ya!

Untuk anda yang membutuhkan informasi seputar furnitur kayu seperti lantai parket, plafon kayu, panel dinding, decking dan lain sebagainya dapat berkonsultasi dengan marketing kami disini 0812-2041-993

(Visited 29 times, 1 visits today)
Scroll to Top