sebelum membeli vinyl lantai

12 Hal Penting Diketahui Sebelum Membeli Vinyl FLooring

Penting untuk memilih material lantai yang indah untuk meningkatkan dekorasi pada rumah anda.

Vinyl flooring atau lantai vinyl merupakan pilihan yang tepat dan populer karena pesonanya yang tak tertandingi dengan berbagai macam motif yang tersedia.

Banyak orang menyukai teksur vinyl flooring yang timbul dan saat diraba memang menyerupai tekstur kayu asli.

Berbagai lapisan yang dirancang guna membuat lembaran vinyl jadi yang canggih dan memiliki banyak keunggulan dan pastinya tetap elastis.

Baca Juga: Info Harga Lantai Kayu Terbaik & Bergaransi

Akan tetapi sebelum membeli vinyl flooring alangkah baiknya untuk mengetahui beberapa hal penting dibawah untuk menambah wawasan anda pada satu jenis lantai ini.

Apa itu Vinyl Flooring

apa itu vinyl flooring

Vinyl flooring (lantai vinyl) merupakan jenis lantai yang materialnya berbahan dasar sintetis atau yang disebut Polyvinyl Chloride (PVC).

PVC dipanaskan dan ditekan menjadi satu lapisan tipis yang dilekatkan dan membentuk papan vinyl. Setiap bagian dari vinyl menampilkan lapisan visual yang menggambarkan motif kayu atau batu yang realistik.

Serta lapisan permukaan yang didesain bertekstur sehingga meniru nuansa kayu alami yang dapat anda rasakan langsung.

Vinyl flooring memiliki daya tahan yang baik, multiguna, murah dan mampu menahan kelembapan dan aktifitas berat diatas permukaanya.

Banyak orang yang salah mengartikan vinyl flooring dengan laminate atau spc, ada banyak perbedaan signifikan dalam kontruksi setiap jenis produk yang membedakan satu sama lain.

Jenis Vinyl Flooring

Jenis vinyl lantai

Lantai vinyl hadir dalam 4 jenis berbeda, berikut jenis vinyl flooring yang dapat anda ketahui:

1. Vinyl tile

Vinyl tile memiliki variasi warna beragam dengan bentuk persegi layaknya keramik dengan ukuran panjang dan lebarnya sekitar 30 sampai 50 cm serta kebalan 1,55 mm hingga 3 mm.

2. Vinyl Plank

Jenis vinyl plan ini merupakan produk yang paling populer dan sangat laku dipasaran.

Memiliki bentuk persegi panjang seperti parket kayu dengan sistem pemasangan yang cukup mudah dan lebih efisien.

Memiliki ukuran dengan panjang 90-100cm dengan lebar 10-20cm dan ketebalannya 2mm hingga 3mm.

3. Vinyl Click

Vinyl click ini memiliki bentuk persegi dengan lembaran memangang, secara visual, bentuknya memang mirip dengan jenis vinyl plank namun memiliki ukuran yang berbeda.

Vinyl click memiliki ukuran ketebalan sekitar 5mm.

4. Vinyl Roll

Jenis vinyl ini memang tidak terlalu memiliki ketahanan yang baik, sebab bentuknya hampir mirip dengan karpet dengan ketebalan sekitar 0,2 sampai 5,5mm.

Akan tetapi vinyl roll ini memiliki elastisitas yang baik, membentuk roll dengan cara pasang yang mudah dan cepat.

Finishing Vinyl Flooring

Ada 3 jenis finishing untuk vinyl flooring, yang semuanya memberikan tampilan yang indah pada hasil akhir.

  • Finishing vinyl tanpa lilin

Finishing jenis ini merupakan yang paling ringan dan bagus untuk area manapun dengan aktifitas yang tidak terlalu berat dengan resiko kecil terhadap kotoran dan kelembapan.

  • Lapisan Urethane

Jenis finishing vinyl ini memiliki daya tahan yang baik dan dapat bertahan lama, lapisan ini juga tahan terhadap aktifitas pejalan kaki sedang dan tahan dengan resiko lecet, juga mudah dibersihkan.

  • Finishing urethane yang disempurnakan kembali

Jenis finishing vinyl ini adalah yang terbaik dan memiliki ketahanan yang baik dengan aktifitas berat diatas permukaannya, sangat kuat menahan resiko goresan dan noda, juga terlihat kilauan yang tidak akan mudah luntur.

Harga Vinyl Flooring

harga lantai vinyl

Gallery Parquet sebagai salah satu penyedia vinyl flooring juga menyediakan berbagai macam produk vinyl berkualitas yang dapat menjadi alternatif pilihan.

Harga lantai vinyl termurah mulai dari Rp 130.000/pcs dengan ukuran ketebalan 3mm, lebar ukuran 152.4mm dan panjangnya 914.4mm.

Vinyl flooring yang tersedia disini memiliki 3 brand berbeda dengan kualitas yang pastinya terjamin seperti Golden Crown, Kendo, Hachiko dan Home Deco.

Harga vinyl flooring selengkapnya bisa kunjungi artikel berikut ini:

Harga Lantai Vinyl Terupdate 2021 – 2022

Kemudahan Pemasangan

pemasangan vinyl flooring

Proses pemasangan vinyl flooring biasanya lebih mudah dan lebih cepat dibanding dengan jenis lantai lainnya.

Lembaran vinyl hanya di tempelkan diatas permukaan rata dan tidak memerlukan lem atau staples. Dengan begitu pemasangan vinyl flooring akan lebih efisien dan tidak membuang banyak waktu.

Vinyl floor juga dapat dipasang diatas permukaan beton, kayu solid, ataupun kayu lapis. Namun tidak disarankan memasang vinyl diatas permukaan yang memiliki 2 lapisan atau lebih.

Durabilitas

Vinyl flooring bisa dikatakan sangat tahan lama, jika dipasang dan dirawat dengan benar, lantai vinyl dapat bertahan hingga 10 sampai 20 tahun lamanya.

Vinyl merupakan pilihan yang tepat untuk ruangan rumah dengan aktifitas pejalan kaki yang ramai dengan kemudahan pemasangannya.

Permukaan dasar vinyl flooring didesain untuk tahan terhadapt berbagai resiko seperti goresan benda tumpul maupun tajam, noda yang kotor dan tumpahan lainnya.

Bahkan beberapa penyedia lantai vinyl seperti Gallery Parquet menawarkan garansi yang panjang, hal itu dapat menguatkan bagaimana kualitas yang dimiliki jenis lantai vinyl ini.

Kenyamanan

kenyamanan vinyl flooring

Vinyl secara umum memiliki tekstur yang lembut dan dapat dirasakan ketika dipijak. Beberapa lembaran vinyl bahkan memiliki lapisan empuk didalam kontruksinya.

Juga vinyl flooring disebut sebagai lantai yang “elastis”. Itu berarti vinyl flooring memiliki tingkat elastisitas yang baik saat anda berjalan melintasinya.

Hal itu membuat berjalan diatas vinyl flooring lebih nyaman dibanding dengan jenis lantai lain yang memiliki permukaan keras dan licin.

Area rumah yang direkomendasikan untuk vinyl flooring

Dengan daya tahan dan kualitasnya, vinyl flooring menjadi pilihan yang baik untuk:

  • Kamar Tidur
  • Kamar Mandi
  • Dapur
  • Ruang Tamu
  • Ruang Keluarga
  • Lobby

Tampilan Desain

Banyak orang yang memilih vinyl flooring karena salah satu kelebihannya yaitu memiliki beragam tampilan dan desain yang menarik.

Keragaman desain yang ditampilan vinyl flooring membuatnya menjadi favorit para pemilik rumah yang ingin mengganti lantai lamanya.

Dengan begitu banyaknya pilihan desain vinyl yang dapat dipilih membuatnya dapat digabungkan dengan pola yang menarik dan unik.

Perbaikan Vinyl Flooring

Vinyl flooring yang berkualitas tinggi sangatlah tahan lama. Namun, vinyl flooring yang berkualitas rendah dapat rentan terhadap berbagai masalah seperti robekan, goresan dan lainnya.

Untuk memperbaikinya kembali, vinyl flooring akan menjadi tantangan yang sulit. Selain itu jika vinyl telah rusak dan sobek tidak bisa dipoles ulang melainkan harus menggantinya dengan yang baru.

Perawatan Vinyl Flooring

perawatan lantai vinyl

Ini adalah salah satu poin penting yang menjadi kelebihan si lantai vinyl. Perawatan yang diberikan cukup mudah.

Anda hanya perlu menyapunya seperti lantai biasa setiap hari untuk menjaganya tetap bersih, dan hilangkan kotoran debu atau pasir menggunakan pel lembab tanpa cairan yang dapat merusaknya.

Sinar Matahari

Sayangnya, sebagaian besar vinyl flooring rentan terhadap kerusakan yang diakibatkan oleh sinar matahari secara langsung.

Vinyl lantai sering waktu dapat memudar dibawah sinar matahari secara terus menerus. Disarankan untuk menutup tirai bila tidak memerlukan cahaya untuk melindungi lantai selama waktu terik matahari.

(Visited 51 times, 1 visits today)
Scroll to Top