cara memasang lantai vinyl

Cara Pasang Vinyl Lantai Dengan 9 Langkah Mudah & Mandiri

Cara Pasang Vinyl Lantai, Galleryparquet.com – Tak bisa dipungkiri bahwa perkembangan lantai saat ini semakin maju, dan itu benar-benar terjadi pada salah satu lantai indoor yang memiliki banyak keunggulan bagi penggunannya.

Lantai vinyl menjadikan banyak rumah terlihat lebih baru dan membuatnya menjadi lebih hangat dengan nuansa kayu yang tampak dari visual permukaannya.

Beli Disini:
Harga Lantai Vinyl Per Box & Meter Lengkap Terbaru 2023

Namun, yang menjadi masalahnya saat ini adalah bagaimana cara pasang vinyl dengan benar? Hal ini mungkin menjadi benak banyak orang saat sebelum memutuskan untuk membelinya.

Sebelum mengetahui bagaimana langkah-langkah memasang lantai vinyl dengan tepat, cobalah memahami apa itu sebenarnya lantai vinyl dibawah ini.

Apa Itu Vinyl Lantai

cara memasang lantai vinyl

Lantai vinyl adalah jenis lantai yang terbuat dari bahan sintetis yang terdiri dari plastik PVC atau polivinil klorida. Lantai vinyl ini sering digunakan sebagai alternatif lantai keramik atau marmer karena lebih mudah diaplikasikan dan lebih murah.

Selain itu, lantai vinyl juga memiliki kelebihan seperti tahan terhadap air, mudah dibersihkan, dan tidak mudah tergores. Namun, lantai vinyl juga memiliki kekurangan seperti mudah mengalami kerusakan jika terpapar sinar matahari langsung, tidak tahan terhadap panas yang tinggi, dan tidak tahan terhadap bahan kimia keras.

Baca Juga:
Seputar Vinyl: Mengenal Karakteristik, Kekurangan & Kelebihan Lantai Vinyl

Pelajari Cara Pasang Vinyl Lantai Berikut

Berikut ini step by step cara memasang lantai vinyl dengan baik dan benar:

1. Bersihkan lantai dengan baik

Pastikan lantai yang akan diterapkan vinyl bersih dan tidak ada debu atau kotoran yang tertinggal. Bersihkan dan keringkan permukaan lantai yang akan ditempelkan vinyl.

Pastikan permukaan lantai tersebut tidak ada pasir atau partikel kecil lain yang menempel, karena hal tersebut dapat menyebabkan vinyl tidak terpasang dengan sempurna.

2. Persiapkan peralatan dan bahan yang dibutuhkan

cara pasang vinyl lantai

Setelah memastikan lantai yang akan dipasangkan vinyl sudah siap, persiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan dalam cara pasang vinyl lantai kali ini.

Anda akan membutuhkan lem vinyl, pisau tajam, penggaris, gunting, dan roller. Pastikan keempat alat dan bahan tersebut sudah siap dan tersedia di area pemasangan.

3. Potong lantai vinyl sesuai ukuran lantai yang akan diterapkan

Gunakan pisau tajam untuk memotong lantai vinyl sesuai ukuran yang diinginkan. Potong vinyl sesuai dengan ukuran lantai yang akan ditempelkan.

Jika area lantai didalam ruangan yang akan dipasang vinyl memiliki banyak siku, anda mungkin perlu memotong vinyl menjadi beberapa bagian kecil yang lebih mudah dipasang.

4. Oleskan lem vinyl ke lantai yang akan diterapkan lantai vinyl (tergantung jenis vinyl)

cara memasang lantai vinyl

Pada step kali ini, anda perlu menentukan jenis vinyl apa yang digunakan. Karena beberapa jenis vinyl sudah dilengkapi perekat di permukaan bawahnya. Jika memang vinyl yang saat ini digunakan adalah jenis plank, mulai lah oleskan lem secara merata ke seluruh permukaan lantai dengan menggunakan roller atau spatula.

Akan tetapi jika anda menggunakan vinyl yang sudah dilengkapi perekat, mulailah melepaskan backing paper (kertas lapis bawah) dari vinyl dengan hati-hati. Jangan terlalu cepat atau terlalu keras, karena hal ini dapat merusak vinyl.

5. Tempelkan lantai vinyl ke lantai yang telah diolesi lem

Langkah berikutnya untuk kedua jenis vinyl yang berbed adalah adalah sama-sama memastikan lantai vinyl terpasang dengan rapi dan tidak ada yang melengkung atau terlipat.

Baca Juga:
Cara Memasang Vinyl Untuk Tangga (Step By Step)

6. Tekan vinyl ke lantai

cara pasang vinyl lantai

Letakkan vinyl di atas lantai dengan posisi yang sesuai, lalu tekan vinyl dengan lembut ke permukaan lantai. Gunakan roller atau spatula untuk memastikan bahwa vinyl terpasang dengan sempurna.

7. Potong sisa-sisa lantai vinyl

Biasanya akan terdapat sisa vinyl yang kelebihan di sekitar dinding. Potong sisa-sisa vinyl tersebut yang menempel di pinggir lantai dengan menggunakan pisau tajam.

Pastikan potongan yang Anda buat tidak terlalu besar, karena ini dapat menyebabkan terjadinya retak atau sobek pada vinyl.

8. Lakukan pengecekan kembali

cara memasang lantai vinyl

Untuk memastikan bahwa lantai vinyl terpasang dengan sempurna dan tidak ada yang terlepas atau melengkung. Upayakan untuk melakukan pengecekan ulang secara menyeluruh.

Jika Anda memasang vinyl di sekitar peralatan atau furnitur, pastikan untuk menyisihkan sedikit ruang antara vinyl dan peralatan tersebut. Ini akan memungkinkan vinyl untuk bergerak bebas saat peralatan tersebut dipindahkan atau diangkat.

9. Bersihkan lantai dengan baik setelah selesai memasang lantai vinyl

Setelah semua sisa-sisa vinyl terpotong dan terpasang dengan sempurna, segera bersihkan permukaan lantai dengan lap basah. Jangan menggunakan pembersih yang terlalu keras atau abrasif, karena ini dapat merusak permukaan vinyl.

Perhatikan Hal Berikut Saat Memasang Lantai Vinyl

cara pasang vinyl lantai

Pada saat memasang lantai vinyl, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui dan praktekan langsung. Tips dibawah akan membantu pemasangan vinyl pada lantai lebih maksimal.

  • Pastikan lantai yang akan diterapkan lantai vinyl benar-benar kering dan bersih sebelum mulai memasang.
  • Gunakan lem vinyl yang sesuai dengan jenis lantai vinyl yang akan dipasang.
  • Jika memasang lantai vinyl di ruangan yang memiliki suhu yang rendah, sebaiknya panaskan lantai vinyl terlebih dahulu sebelum memasangnya.
  • Pastikan lantai vinyl terpasang dengan rapi dan tidak ada yang terlepas atau melengkung agar tidak terjadi kebocoran atau retak pada lantai vinyl.

Baca Selanjutnya:
12 Hal Penting Diketahui Sebelum Membeli Vinyl FLooring

Sekian informasi mengenai cara pasang vinyl lantai, semoga tulisan diatas dapat mudah difahami dan membantu anda dalam menyulap rumah jadi lebih baru!

Untuk informasi lebih lengkap seputar lantai vinyl, dapat dikonsultasikan secara gratis melalui marketing kami. Hubungi Arnold dan dapatkan penawaran istimewa seputar produk maupun jasa pasangnya.

(Visited 180 times, 1 visits today)
Scroll to Top