Lantai Kayu Sintetis

5 Pilihan Lantai Kayu Sintetis Outdoor & Indoor Berkualitas!

Lantai kayu sintetis saat ini kian populer, hal tersebut dikarenakan banyak pemilik rumah yang menginginkan desain dan gaya rumah mewah tanpa mengeluarkan biaya besar untuknya. Lantai kayu sintetis dianggap sebagai alternatif dari lantai kayu asli, dimana memiliki tampilan yang nyaris mirip namun menggunakan material berbeda.

Banyak orang yang mulai beralih dari lantai lama ke lantai kayu sintetis karena dipercaya memiliki beragam keunggulan yang tak dimiliki lantai lain, salah satunya adalah kesan mewah pada ruangan, serta nuansa hangat yang dapat dirasakan seluruh penghuninya.

Selain itu lantai kayu sintetis atau lantai kayu imitasi juga memberikan banyak manfaat, seperti variasi desain yang luas, ketersediaan produk besar, daya tahan yang dapat diandalkan, dan nilai estetika yang tinggi.

Baca Juga:
4 Jenis Lantai Kayu Tempel Terbaik dengan Harga Terbaru!

Berikut pilihan lantai kayu sintetis terbaik yang memiliki kualitas baik untuk anda gunakan pada hunian maupun bangunan dengan lalu lintas tinggi lainnya:

1. Lantai Vinyl

Lantai Kayu Sintetis

Lantai vinyl tetap menjadi alternatif yang populer untuk menggunakan lantai kayu solid di rumah. Menggunakan material sintetis yang tetap menunjukan tekstur dan tampilan layaknya kayu asli, memungkinkan menipu setiap pandangan orang terhadapnya.

Lantai vinyl memiliki banyak sekali variasi motif, dan mungkin anda akan merasa bingung ketika memilihnya karena terlalu banyak pilihan. Namun itu semua akan terasa mudah jika telah faham bagaimana menggabungkan motif lantai dengan elemen lain pada ruangan.

Dilihat dari karakteristiknya, vinyl ini memiliki bentuk yang berbeda namun dengan material yang sama, yaitu PVC (Polyvinyl Chloride) yang biasanya banyak ditemukan pada pipa atau saluran air lainnya.

Dengan penggabungan beberapa lapisan pada strukturnya, membuat lantai vinyl memiliki banyak keunggulan dari segi kekuatan, keawetan, ketahanan pada kelembapan, tidak mudah terbakar, dan mudah dalam perawatanya.

Kelebihan vinyl itulah yang menjadikannya sangat populer dan menggantikan lantai kayu asi sebagai alternatif yang lebih murah untuk menghadirkan nuansa alami pada rumah. Namun anda juga perlu memperhatikan kekurangannya, karena lantai kayu sintetis pastinya memiliki senyawa VOC yang mungkin berbahaya bagi manusia.

2. Lantai Laminate

Lantai Kayu Sintetis

Laminate flooring hadir dalam berbagai warna, motif dan pola yang menarik, termasuk beberapa tampilan kayu pada jenis aslinya. Memiliki lapisan yang baik membuatnya menjadi sangat tangguh dan tahan terhadap keausan sehari-hari.

Berbeda dengan vinyl, lantai laminate ini terbuat dari papan HDF (High Density Fibreboard). Yaitu jenis papan yang terbuat dari serbuk kayu yang dipadatkan menggunakan bahan kimia lain dan di press dengan sangat kuat, membuatnya menjadi potongan kayu yang berkualitas.

Lantai laminate ini memiliki tampilan dan tekstur yang lebih baik dari vinyl, karena materialnya tadi. Meski begitu, laminate ini masih termasuk pada jenis lantai kayu sintetis yang lebih ramah lingkungan, karena memiliki kandungan VOC yang lebih rendah.

Laminate juga biasanya dibekali dengan fitur pemasangan Tongue and Groove (T&G), yaitu sistem pemasangan yang dapat membuat lantai lebih rapih, datar, mulus, dan kuat jika dibandingkan dengan pemasangan tanpa T&G atau menggunakan paku.

Baca Juga:
7 Perbandingan Lantai Vinyl VS Laminate, Mana yang Terbaik?

3. Lantai Kayu Sintetis Outdoor (WPC)

Lantai Kayu Sintetis

WPC (Wood Plastic Composite) atau biasa orang menyebutnya lantai kayu sintetis outdoor merupakan jenis lantai yang terbuat dari material campuran serbuk kayu, plastik dan bahan kimia, yang kemudian di satukan hingga menjadi satu potongan papan keras.

Lantai WPC ini kerap diaplikasikan pada area outdoor, karena memang dirancang sedemikian rupa untuk bertahan pada kondisi luar ruangan. Biasanya lantai WPC ini difungsikan sebagai pool deck, lantai rooftop, lantai taman, jembatan taman, dan lain sebagainya. Meskipun begitu, lantai kayu sintetis ini juga dapat digunakan pada area indoor.

Penggabungan material yang baik membuat lantai WPC ini memiliki ketahanan yang tangguh dan tak melewatkan kenyamanannya. Sehingga meski tak terbuat dari kayu asli, jenis lantai kayu sintetis ini tetap menghadirkan tampilan yang indah serta tekstur yang nyaman.

Akan tetapi, karena materialnya terdapat bahan campuran plastik membuatnya lebih mudah meleleh atau terbakar jika bersentuhan langsung dengan suhu yang tinggi. Selain itu, lantai ini juga jarang digunakan pada hunian karena memiliki harga yang relatif tinggi.

4. Lantai SPC

Lantai Kayu Sintetis

Lantai SPC (Stone Plastic Composite) sebetulnya merupakan jenis lantai yang mengadaptasi kelemahan dari lantai WPC. Menggunakan material campuran dari batu dan plastik membuatnya lebih kuat dan tidak mudah pecah karena terikat plastik komposit.

Lantai SPC ini secara tampilan bentuknya hampir mirip dengan vinyl, namun dengan material yang berbeda. Jenis lantai kayu sintetis satu ini memang dapat diandalkan karena sangat tangguh, tahan terhadap kelembapan, anti keropos dan melengkung.

Berbeda dengan pendahulunya (lantai WPC), lantai ini tidak memiliki unsur kayu sama sekali, jadi anda mungkin tidak akan merasakan kealamian dari jenis lantai satu ini.

Namun dari segi tampilan dan daya tahan, lantai ini sangat direkomendasikan. Meski kurang memiliki kesan alami tapi anda akan mudah dalam merawatnya dan tidak perlu merasa cemas akan resiko kerusakan lain.

Baca Juga:
Plus Minus Spc Flooring Beserta Harga & Cara Pasangnya

5. Keramik Motif Kayu

Lantai Kayu Sintetis

Saat anda pertama kali mendengan kata “keramik”, pastiya tidak akan membayangkan kayu atau apapun yang terlihat seperti kayu. Akan tetapi, yang harus anda ketahui adalah ada keramik bermotif kayu yang saat ini menjadi buruan banyak orang untuk menghadirkan nuansa alami pada rumah.

Banyak orang memutuskan untuk menggunakan keramik motif kayu karena tertuju pada satu alasan, yaitu kekuatannya yang sangat tinggi. Sehingga dengan begitu akan mudah untuk dirawat, dan dibersihkan setiap harinya.

Keramik juga sangat tahan dalam berbagai kondisi seperti kelembapan, suhu tinggi, bahkan dari api atau genangan air sekalipun keramik akan tetap kuat. Karena dibuat dari tanah liat yang dipadatkan dengan suhu yang sangat tinggi, membuatnya lebih tangguh dari jenis lantai lainnya.

Namun yang disayangkan, keramik memiliki permukaan keras dan dingin, sehingga anda perlu menambahkan karpet untuk membuatnya lebih nyaman dipijak atau sekedar bersantai diatasnya.

***

Itulah kelima lantai kayu sintetis yang dapat anda pilih salah satunya sebagai pelapis setiap ruangan di rumah. Semoga referensi diatas dapat membuat hunian menjadi lebih nyaman dengan nuansa alami dari kayu dan kehangatan untuk seluruh keluarga.

Untuk informasi seputar produk lantai kayu solid atau sintetis seperti vinyl, laminate, parket, dan decking dapat berkonsultasi secara gratis dengan marketing kami. Kami dapat memberikan informasi harga produk, jasa pemasangan, serta garansinya.

(Visited 43 times, 1 visits today)
Scroll to Top