bagusan mana, lantai vinyl atau lantai kayu?

Menilai perbandingan lantai kayu dan vinyl

Baru-baru ini penggunaan lantai kayu di tahun 2021 kian meningkat dan sangat populer di pasaran, walaupun dari segi harga relatif mahal tetapi sebanding dengan kualitasnya. Untuk membuat sebuah hunian yang berkelas dan terlihat sangat indah memerlukan dana yang tidak sedikit dan harus menggunakan bahan interior yang berkualitas.

Tidak salah lagi kenapa orang-orang memilih lantai kayu sebagai bahan penutup lantai di rumah mereka, selain berfungsi untuk menutupi lantai terdapat keuntungan yang di dapat yaitu dapat mengubah tampilan rumah menjadi lebih mewah dan bernilai seni tinggi karena lantai kayu memiliki warna dan corak kayu alami yang khas.

desain rumah minimalis lantai kayu

Selain lantai kayu, terdapat produk lantai yang tidak kalah populernya yaitu lantai vinyl. Jenis lantai yang satu ini cukup banyak diminati oleh berbagai kalangan masyarakat di Indonesia karena memiliki harga yang cukup terjangkau dan terdapat beragam pilihan warna atau motif.

Apa sih perbedaan dari kedua jenis lantai tersebut dan lebih bagus mana, lantai parket atau lantai vinyl? yuk kita simak ulasannya di bawah ini:

Lantai Kayu

Lantai kayu atau yang lebih di kenal dengan sebutan lantai parket ini merupakan sebuah produk penutup lantai yang cukup banyak diminati karena dapat mengubah suatu tampilan rumah menjadi terlihat lebih elegan dan estetik sebab lantai kayu terbuat dari kayu alami yang memiliki warna yang corak yang khas.

parket lantai

Tidak hanya itu saja, terdapat keuntungan yang cukup signifikan memakai lantai kayu di dalam rumah. Kesan hangat dan sifatnya yang empuk membuat para pengguna dapat merasakan kenyamanan dan dapat menyehatkan anda dan keluarga tercinta.

Terdapat beberapa jenis lantai kayu yang kini beredar di pasaran yang dimana jenis-jenis lantai kayu tersebut terbagi menjadi 3 bagian.

  • Solid parket

Lantai kayu solid atau solid parket terbuat dari kayu yang utuh tanpa adanya bahan campuran lain, Jenis kayu yang di pilih untuk membuat lantai kayu solid merupakan jenis kayu yang tergolong ke dalam kayu keras seperti contohnya kayu jati, kayu merbau, kayu sonokelling dan lain sebagainya.

  • Engineer parket

Engineer parket atau dalam bahasa inggris engineered wood flooring ini terbuat dari bahan kayu solid pada bagian permukaanya, sedangkan pada bagian bawahnya terbuat dari sejeni plywood.

  • Laminate parket

Lantai kayu laminate atau laminated parket merupakan sebuah produk penutup lantai yang cukup unik karena terbuat dari serbuk kayu atau fiber yang dimana cara pembuatan lantai kayu ini menggunakan teknologi canggih modern HDF(High Density Fiberboard) dan di proses lebih lanjut hingga berbentuk seperti lembaran papan yang siap di tempelkan di area lantai.

Lantai vinyl

Apa itu vinyl? Lantai vinyl merupakan sebuah produk penutup lantai yang terbuat dari bahan sejenis plastik yang di kenal dengan sebutan PVC, bahannya sangat elastis atau lentur meskipun begitu lantai vinyl ini cukup kuat karena memiliki tiga lapisan di dalamnya yaitu compact layer, printing layer dan glass fiber.

vinyl lantai motif kayu

Jenis lantai vinyl ini dapat menirukan berbagai jenis lantai lainnya karena memiliki berbagai motif yang cukup beragam seperti contohnya lantai keramik, batu, granit dan kayu. Bahkan lantai vinyl ini di gadang-gadang sebagai pilihan alternatif selain lantai kayu atau lantai keramik.

Perlu di ketahui, bahwasanya terdapat segi kekurangan yang cukup merugikan yang dimiliki lantai vinyl ini yaitu kurang baik bagi kesehatan tubuh manusia karena terbuat dari bahan sejenis plastik PVC, walaupun akhir-akhir ini para produsen telah mengurangi sejumlah bahan PVC ke dalam lantai vinyl.

Lebih bagus parket atau vinyl? simak ulasanya di bawah ini:

Perbandingan antara lantai vinyl dengan lantai parket

Bahan dasar pembuatan

bahan material lantai

Sepintas terlihat sama tetapi berbeda, bahan untuk membuat lantai kayu yaitu jenis kayu utuh alami tanpa adanya bahan campuran lain. Sedangkan lantai vinyl terbuat dari bahan sintetis atau sejenis pelastik Polivinyl chloride atau PVC.

Kualitas daya tahan

Kualitas lantai kayu dan vinyl

Dari segi kualitas, sudah dapat di pastikan bahwa lantai kayu lah yang lebih unggul karena seperti yang sudah kita ketahui bahwasanya lantai kayu terbuat dari jenis kayu keras seperti kayu jati atau kayu merbau dan sejenis kayu keras lainya. Sehingga dapat bertahan hingga bertahun tahun lamanya.

Sedangkan lantai vinyl terbuat dari bahan sintetis, meskipun begitu lantai vinyl ini cukup kuat kok walau tidak sebagus daya tahan yang dimiliki lantai kayu.

Baca juga: Perbandingan lantai keramik dan lantai kayu

Motif atau warna

vinyl motif kayu

Bagi anda yang ingin memiliki tampilan rumah yang natural secara struktural, anda bisa memakai lantai kayu. Karena lantai kayu memiliki motif dan corak yang khas menyerupai kayu pada umumnya karena terbuat dari kayu alam asli.

Bila ingin mengubah tampilan rumah dengan menggunakan lantai yang memiliki beragam warna atau motif, maka untuk solusinya menggunakan lantai vinyl. Karena lantai vinyl memiliki motif dan warna yang bervariasi seperti motif lantai granit, keramik, kayu dan motif batu alam.

Cara merawat atau membersihkan

cara merawat lantai kayu dan vinyl

Dari segi kualitas dan bahan dasar pembuatanya berbeda tentunya dari segi perawatannya pun berbeda pula, meskipun sama-sama berfungsi untuk menutupi lantai tetapi kedua jenis lantai ini jauh berbeda dari cara pembuatan dan dari segi kualitasnya.

Cara merawat lantai vinyl bisa terbilang cukup mudah, seperti jenis lantai keramik atau granit anda hanya perlu menyapunya secara rutin, bila terdapat noda yang membandel tinggal di pel saja.

Sedangkan untuk lantai parket atau lantai kayu dari segi perawatanya tidak semudah lantai vinyl, sebab jenis lantai yang satu ini terbuat dari kayu sehingga cukup rentan keropos atau kelembaban bila terkena air. Tidak bisa di pel sesering mungkin, bila terlihat debu atau kotoran pada lantai kayu cukup bersihkan menggunakan sapu atau vaccum cleaner.

Cara pemasangan atau penerapan

cara aplikasikan lantai vinyl

Bila di lihat dari cara pemasangannya, lantai vinyl lebih unggul karena lantai vinyl memiliki sifat yang cukup elastis sehingga tidak terlalu sulit untuk memasangkannya bahkan lantai vinyl ini disebut sebagai lantai tempel.

Sedangkan pemasangan lantai kayu terbilang cukup sulit, setidaknya membutuhkan tenaga kerja yang ahli di bidangnya dan berpengalaman agar hasil pemasangannya terlihat lebih rapih tidak terjadi kerusakan.

Berapakah harga lantai parket dan lantai vinyl?

Harga

harga vinyl dan harga lantai kayu

Bila anda memutuskan ingin mendekorasi rumah dengan bugdet yang tidak terlalu menguras isi dompet maka solusinya menggunakan lantai vinyl karena jenis lantai yang satu ini memiliki harga yang sangat terjangkau, bahkan lantai vinyl ini pilihan alternatif lain selain memakai lantai batu alam atau lantai kayu.

Baca juga: Harga lantai vinyl per box 2021

Dari segi harga, lantai kayu memiliki harga yang relatif cukup mahal karena terbuat dari kayu alam asli. Seperti yang sudah kita ketahui, dimana ada harga yang mahal di situlah terdapat kualitas yang memukau.

Baca juga: Harga lantai kayu terupdate

Kekurangan dan kelebihan lantai kayu

jual lantai parket

Kelebihan lantai kayu:

  • Dapat membuat tampilan rumah terlihat lebih indah dan mewah
  • Terlihat lebih elegan dan bernilai seni tinggi dengan sedikit sentuhan yang alami
  • Memiliki kualitas yang cukup tinggi
  • Kuat dan tahan lama
  • Sangat baik bagi kesehatan
  • Dapat meningkatkan nilai jual rumah, cocok dijadikan investasi

Kekurangan lantai kayu:

  • Kurang kuat dari tumpahan air
  • Memerlukan perawatan yang insentif
  • Akan cepat rusak bila terkena matahari secara langsung dengan jangka waktu yang lama
  • Harganya relatif mahal

Kelebihan dan kekurangan lantai vinyl

apa itu lantai vinyl

Kelebihan lantai vinyl:

  • Lebih mudah untuk dipasangkan
  • Memiliki motif yang beragam
  • Tidak terlalu sulit untuk merawatnya
  • Dapat bertahan dari tumpahan air dan lembab
  • Memiliki harga yang sangat terjangkau

Kekurangan lantai vinyl:

  • Rentan terkena goresan
  • Mudah rusak atau robek
  • Kurang baik bagi kesehatan
  • Bila mengalami kerusakan atau robek harus di bongkar secara menyeluruh.

Lalu, jenis lantai manakah yang cocok untuk di aplikasikan di dalam rumah lantai vinyl atau lantai kayu?

lantai vinyl atau lantai parket

Sebenarnya pemilihan jenis lantai yang cocok untuk diterapkan di dalam rumah kami rekomendasikan menggunakan lantai kayu. Kenapa? karena memakai lantai kayu dapat keuntungan yang lebih banyak yang dapat anda rasakan.

Akan tetapi, jika anda berniat untuk memasang lantai vinyl di dalam rumah pastikan terdapat sirkulasi udara hall ini bertujuan agar udara di dalam rumah anda yang terpasang lantai vinyl tetap bersih dan tersirkulasi. Mengingat lantai vinyl terbuat dari bahan PVC yang dimana bahan tersebut kurang baik bagi kesehatan.

Bila rumah anda ingin menggunakan keduanya (balance), kami sarankan untuk memasang lantai kayu di area ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga dan ruangan pribadi sedangkan untuk area dapur anda bisa memakai lantai vinyl.

Segitu saja pembahasan yang dapat kami sampaikan, semoga pembahasan kita kali ini dapat bermanfaat bagi anda. Terimakasih telah membaca artikel ini hingga akhir

(Visited 98 times, 1 visits today)
Scroll to Top