menilai perbandingan wallpaper & dinding kayu

Perbandingan Wallpaper & Dinding Kayu Lambersering

Pastinya kita menginginkan yang terbaik untuk sebuah hunian dalam hal dekorasi bukan? Karena selain untuk penampilan rumah, tetapi juga untuk kenyamanan dan keamanan.

Berbagai pilihan elemen dekorasi tentunya sidah kita pikirkan matang-matang, seperti menentukan material lantai yang akan di gunakan, penutup atap , pagar hingga dinding hunian.

Berbicara soal dinding rumah, terdapat 2 jenis pelapis dinding hunian yang kini mulai banyak diminati oleh berbagai kalangan masyarakat Indonesia yakni dinding kayu dan wallpaper dinding. Apakah diantara kalian mengetahui perbandingan dari keduanya? Jika tidak, mari kita simak ulasannya di bawah ini:

Material Pelapis Dinding Kayu

Kayu dinding atau yang lebih dikenal dengan sebutan lambersering ini merupakan sebuah produk media penutup dinding dan pelapis atap pada sebuah hunian. Lambersering ini terbuat dari jenis kayu pilihan terbaik, untuk penggunaannya dapat di terapkan diluar ruangan & didalam ruangan.

apa itu dinding kayu lambersering?

Jenis kayu yang digunakan pun tidak sembarang, setidaknya harus mempunyai kualitas yang cukup bagus dengan di dukung karakteristik yang mulus. Hal ini bertujuan agar nantinya lambersering tersebut dapat bertahan di segala medan, seperti perubahan suhu, rayap, hingga jamur.

Baca juga : Apa itu lambersering?

Jenis-jenis kayu yang sering dimanfaatkan untuk membuat produk lambersering atau lumber ceiling, diantaranya:

Dari sekian banyaknya jenis kayu yang kita ketahui, hanya 6 saja untuk saat ini yang dapat di pergunakan untuk dijadikan sebagai material dekorasi pelapis dinding hunian. Dari keenam jenis kayu pilihan tersebut, terdapat salah satu jenis kayu yang paling unggul dari segi kualitas dan karakteristiknya yaitu kayu ulin.

Baca juga : Atap sirap dari kayu ulin

Spesifikasi produk lambersering kayu

Lambersering di desain dengan bentuk memanjang dan tipis, serta di lengkapi sistem lidah pengunci pada bagian sampingnya. Terdapat alasan mengapa produk lumber ceiling di buat tipis yaitu agar setelah terpasang, nantinya lambersering tersebut tidak akan terkelupas atau copot karena kelebihan beban berat. Apakah mudah patah? tentu saja tidak, justru itulah mengapa lambersering harus menggunakan kayu-kayu pilihan terbaik agar tidak mudah rusak.

fitur pengunci T&G produk lambersering

Dan, untuk sistem pengunci dibagian samping lambersering ini berfungsi untuk memperkuat ikatan satu lambersering dengan yang lainnya. Sehingga lambersering akan sangat kokoh tanpa perlu mengkhawatirkan akan terbuka kembali setelah terpasang.

Pada umumnya, lambersering ini dibuat memanjang karena produk ini hanya untuk di terapkan pada dinding dan atap hunian. Ukuran panjang lambersering adalah sekitar 100-390cm dengan ukuran ketebalan sekitar 1-1,2cm.

Apa keunggulan memakai dinding kayu dirumah?

apa kelebihan memakai dinding kayu lambersering?
  1. Dari segi ketahanan, lambersering ini cukup kuat. Ia mampu bertahan diluar ruangan maupun didalam ruangan, dalam artian dapat bertahan dari kelembaban dan pancaran sinar UV (ultra violet).
  2. Lambersering dapat meredam suhu dalam skala tertentu, baik suhu panas maupun suhu dingin. Sehingga bila sebuah rumah diterapkan lumber ceiling akan terasa sejuk dikala waktu siang hari dan terasa hangat pada saat malam hari tiba.
  3. Dengan menggunakan lambersering kita bisa menghemat pengeluaran, kok bisa begitu? karena kita tidak perlu mewarnai cat pada dinding kayu, sebab lambersering akan terpasang dan mempercantik tampilan tanpa harus diberi cat terlebih dahulu. Bila warna dinding kayu sudah memudar atau terlihat kusam, kita bisa mengatasinya dengan cara coating ulang. Dengan begitu warna lambersering akan tampak seperti baru kembali.
  4. Bila dilihat dari segi kualitas, sudah tidak perlu diragukan kembali. Karena lambersering cukup kokoh dan tidak akan mengalami penyusutan setelah terpasang.

Baca juga : Daftar harga produk lambersering 2021

Dekorasi Dinding Wallpaper

Wallpaper merupakan sebuah material pelapis dinding pada sebuah hunian yang terbuat dari bahan kertas pilihan. Jenis kertas yang satu ini cukup banyak diminati oleh orang-orang karena memiliki beragam motif yang unik dan menarik, mulai dari motif bunga, motif garis hingga motif kotak-kotak.

wallpaper dinding terbuat dari kertas pilihan terbaik

Dalam instalasi wallpaper dinding ini terbilang cukup mudah, bahkan alat-alat yang diperlukan pun tidaklah ribet. Dengan menggunakan lem khusus kertas, wallpaper sudah bisa langsung di terapkan pada permukaan dinding rumah.

Biasanya orang-orang menggunakan wallpaper ini untuk menutupi dinding kamar tidur, ukuran wallpaper yang tersedia di pasaran mempunyai 50 – 130cm, tersedia pula ukuran yang cukup besar yakni sekitar 10meter dan 50meter.

Plus minus wallpaper dinding

Terdapat beberapa kelebihan dan kelemahan dari walpaper dinding ini, sama seperti barang apapun yang dijual di pasaran yang mempunyai segi plus minusnya. Penasaran? Simak pembahasannya di bawah ini:

Keunggulan dinding wallpaper :

  • Dapat diaplikasikan di berbagai ruangan
  • Mudah dalam hal pemasangan
  • Harganya sangat terjangkau
kelebihan & kekurangan memakai wallpaper dinding

Kekurangan wallpaper dinding :

  • Kurang kuat, lambat laun wallpaper dinding bisa copot
  • Rentan terkena goresan atau gesekan
  • Mudah rusak atau robek, bila rusak harus di ganti secara keseluruhan

Baca juga : Partisi ruang kerja minimalis

Menilai Perbandingan Wallpaper Dinding & Lambersering, Mana Yang Lebih Baik?

Perbandingan wallpaper dan lambersering keduanya dibedakan dari segi bahan pembuatan, yang dimana wallpaper terbuat dari kertas pilihan terbaik, sedangkan dinding lambersering terbuat dari jenis kayu keras yang mudah diolah. Dari segi harga, kualitas dan penampilan tentunya saja keduanya berbeda-beda.

Ini dia penjelasannya :

1. Perbandingan kualitas lambersering & wallpaper

Bila dilihat dari segi kualitas, lambersering dalam hal ini lebih unggul, kenapa? karena produk lambersering terbuat dari kayu utuh tanpa adanya bahan campuran lain dan jenis kayu yang dipakai pun merupakan jenis kayu pilihan terbaik di kelasnya, seperti kayu ulin, merbau dan keruing.

menilai perbandingan kualitas lambersering dengan walpaper dinding

Sedangkan wallpaper sendiri, meskipun terbuat dari kertas pilihan terbaik seperti vinyl, kain, foil dan heavy duty paper. Akan tetapi, sekali kertas tetap keras, yang dimana kualitasnya tidak sebagus kayu. Seperti yang kita ketahui, bahwa kertas sendiri cukup rentan terhadap goresan dan gesekan, serta sensitif terhadap benda tajam.

2. Perbandingan penampilan wallpaper & dinding kayu

Sebetulnya, untuk menilai perbandingan motif atau tampilan dari dinding kayu lambersering dan walpaper dinding keduanya sama-sama bagus, tergantung selera kita. Bila konsep hunian yang kita hadirkan bertema alami dan asri kita bisa menggunakan lambersering.

tampilan wallpaper dinding dan lambersering sama-sama bagus

Akan tetapi, bila kita menginginkan nuasan yang sedikit modern dan kekinian, kita bisa memakai wallpaper dinding dengan beragam motif yang bisa kita pilih sesuai dengan selera atau menyesuaikan dengan desain ruangan.

3. Perbandingan harga dinding lambersering & walpaper

Dari segi harga antara wallpaper dinding dan lambersering kayu, keduanya berbeda jauh. Yang dimana harga wallpaper per meter sendiri terbilang cukup murah yakni sekitar 50rb, sedangkan harga produk lambersering sekitar 200rb. Kenapa lambersering mahal? karena kualitas lambersering sudah mumpuni di segala medan, seperti dapat bertahan diluar ruangan dan cukup awet di dalam ruangan, bahkan hingga lebih dari 8 tahun.

Baik wallpaper dinding maupun lambersering, keduanya sama-sama berfungsi sebagai pelapis dinding ruangan. Keduanya juga mempunyai tampilan yang berbeda-beda, dari segi kualitas dan harganyapun berbeda. Semua tergantung selera dan budget yang kita miliki.

Segitu saja untuk pembahasan kita kali ini mengenai perbandingan lambersering dengan wallpaper dinding, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat untuk kalian yang sedang mencari jenis pelapis dinding terbaik. Cukup sekian & terimakasih sudah mau membaca artikel ini hingga akhir.

(Visited 8 times, 1 visits today)
Scroll to Top